KEJARI PADANG MENGIKUTI VICON DENGAN JAKSA AGUNG DALAM RANGKA SILATURAHMI DAN EVALUASI KINERJA PERSIAPAN NEW NORMAL

Padang tanggal 27 Mei 2020, sekira pukul 08.00 wib Kejaksaan Negeri Padang mengikuti Teleconference (vicon) dengan Jaksa Agung RI. Pada vicon ini Jaksa Agung menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh insan Adhyaksa di seluruh Indonesia. Lebaran kali ini terasa berbeda karena kita saat ini berada dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang membuat kita tidak bisa saling bertemu dan berkunjung, meskipun demikian silaturahmi masih dapat kita lakukan melalui media virtual. 

Pada kesempatan ini, Jaksa Agung RI juga menyampaikan kepada kita semua agar dapat mempersiapkan diri menghadapi New Normal Life untuk membangun kembali aktifitas perekonomian masyarakat di tengah pandemi covid-19. Pemberlakukan New Normal Life ini bukan berarti adanya pelonggaran, Presiden Jokowi meminta kepada seluruh jajaran Kejaksaan RI agar bersikap tegas untuk menjamin kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan pelaksanaan dari New Normal Life

Selanjutnya Jaksa Agung RI menyampaikan evaluasi kinerja untuk Bidang-bidang di Kejaksaan RI:

Bidang Pidana Khusus (Pidsus)

Jaksa Agung mengatakan bahwa dengan adanya New Normal Life diharapakan kedepannya bidang pidana khusus dapat membuat SOP baru dalam pemeriksaan kasus pidana korupsi, salah satunya penyelenggaraan penanganan perkara secara virtual.

Bidang Pidana Umum (Pidum)

Jaksa Agung menyampaikan bahwa perkara pidum yang diselesaikan secara online di Indonesia sudah puluhan ribu. Dalam hal penerimaan tahanan oleh Rutan harus sudah mempunyai hasil rapid test dari Dinas Kesehatan setempat yang menyatakan bebas covid-19.

Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun)

Jaksa Agung menyampaikan bahwa ada tugas baru untuk Bidang Datun seperti pendampingan terhadap kartu prakerja, bagi mereka yg kena dampak covid-19 agar merapikan proses hukumnya dan diberikan kredit khusus.

Bidang Intelijen (Intel)

Jaksa Agung menyampaikan bahwa Bidang Intelijen untuk dapat memberikan suport terhadap Bidang-bidang lainnya, seperti memberikan dukungan terhadap tugas baru pada bidang datun yang disebutkan diatas, agas bidang intelijen dapat aktif dalam hal pencegahan terjadinya penyimpangan di lapangan, melakukan operasi pencegahan dapat secara lngsung dimana dalam pelaksanaan kegiatan jangan sampai menyalah gunakan kewenangan yang ada juga bisa kita lewat surat untuk melaksanakan sesuai aturan karena ada resiko-resiko yang ada apabila terdapat indikasi penyimpanan dan apabila di lapangan diketemukan adanya penyimpangan Kejaksaan akan segera melakukan koordinasi dengan APIP.

BIdang Pembinaan (Bin)

Jaksa Agung berpesan agar kita wajib berperilaku dengan baik menyambut New Normal yaitu dengan tetap menerapkan UU kesehatan seperti dengan menerapakan pola hidup sehat, menjaga kebersihan serta rajin mencuci tangan dan menjaga jarak serta menggunakan masker. Pada kondisi Pandemi Covid-19 saat ini, kita tidak dapat mengetahui dimana virus tersebut berada dan siapa yang membawanya. 

Pada kesempatan ini Jaksa Agung juga mengingatkan kepada para pegawai wanita yang memiliki rambut panjang untuk dapat di rapikan atau gulung, bagi pegawai yang menggunakan kendaraan umum untuk menghindari menyentuh muka dan menghindari berjabat tangan sedangkan yang menggunakan kendaraan pribadi dalam hal ini mobil untuk membuka kaca jendela agar adanya sirkulasi udara yang sehat dan selalu sediakan masker lebih di rumah, mobil atau kantor dan sering- seringlah mencuci tangan.

Bidang Pengawasan ( Was)

Jaksa Agung menyampaikan pesan agar menghindari perbuatan tercela, bekerjalah dengan iklas.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KEJARI PADANG MENGIKUTI VICON DENGAN JAKSA AGUNG DALAM RANGKA SILATURAHMI DAN EVALUASI KINERJA PERSIAPAN NEW NORMAL"