Peresmian Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto di Kota Padang

Padang 22 Juli 2022, bersamaan dengan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 diresmikan jalan Jaksa Agung R. Soeprapto oleh Kajati Sumbar Bapak Yusron, S.H., M.H. beserta Walikota Padang Hendri Septa, B.Bus.(Acc), M.I.B.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakn penyerahan secara simbolis Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada beberapa warga yang beralamat di jalan Jaksa Agung R. Soeprapto yang baru diresmikan.

Bapak R. Soeprapto adalah Jaksa Agung RI ke-4 (1951-1959) dikenal sebagai figur yang tegas, berwibawa dan gigih dalam mempertahankan hukum.

Atas jasa-jasa dan perjuangannya menegakkan citra Kejaksaan, Jaksa Agung R. Soeprapto ditetapkan sebagai Bapak Kejaksaan Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung Soegih Arto No. Kep. 061/DA/7/1967.

Prinsip keadilan, keyakinan dan kejujuran dikenang Insan Adhyaksa. Salah satunya ditandai adanya patung R Soeprapto di halaman depan Gedung Kejaksaan Agung RI.

Bahwa pemberian nama Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto ini bermula perintah dari Bapak Jaksa Agung RI Sanitiar (ST) Burhanuddin yang meminta semua jakaran Kejaksaan untuk mendukung pengusulan Bapak R. Soeprapto sebagai pahlawan nasional.

Bapak R. Soeprapto meninggal dunia pada 2 Desember 1964 di Jakarta dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Peresmian Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto di Kota Padang"